2 Bulan di Lantik, Pj Sangadi Bongkudai Manfaatkan DD Buka Jalan Usaha Tani

INFOTOTABUAN.COM, BOLTIM-Pemerintah Desa (Pemdes) Bongkudai Kecamatan Modayag Barat (Mobar) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melakukan survey lokasi pembukaan akses jalan perkebunan Bongkudai Binuang-Ponikop.

Dari pantauan Media, Pj Sangadi Bongkudai Cahyadi Djola S.IP., di dampingi kaur perencanaan dan kepala dusun hari ini Minggu, (28/04/2024) telah melakukan survey lokasi pembukaan jalan pertanian perkebunan mulai dari titik nol koordinat.

“Hari ini saya bersama teman-teman perangkat desa melakukan survey lokasi mulai dari titik nol koordinat, untuk bisa mengetahui Medan di lokasi rencana pembuatan jalan tersebut. Saya berharap dana desa (DD) yang ada, bisa memberikan efek terhadap para petani khususnya yang ada di wilayah perkebunan, agar asas manfaatnya terhadap masyarakat bisa dirasakan. tentunya apabila ditunjang dengan akses jalan yang layak, maka bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, karena lebih mudah mengeluarkan hasil panennya,” kata Sangadi.

Sangadi melanjutkan, mulai sejak adanya dana desa, pembangunan yang bersumber dari dana desa hanya terpusat terhadap pembangunan yang ada di dalam desa. khususnya kegiatan fisik hanya sebagian kecil yang di arahkan ke areal pertanian dan perkebunan, selama ini warga membawa hasil panen pertanian mereka hanya dengan dipikul, sehingga diharapkan keberadaan jalan usaha tani ini bisa memudahkan mobilitas pertanian perkebunan dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Saya melihat akses Jalan tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat, untuk menunjang aktivitas pertanian dan perkebunan masyarakat. Jalan yang akan dibuka ini, tembus ke areal lahan pertanian dan perkebunan milik masyarakat Bongkudai dimana setiap hari mereka bekerja dan bercocok tanam. InsyAllah apabila tidak ada hambatan tahun ini akan kita buat akses jalan pertanian perkebunan Binuang-Ponikop yang sempat tertimbun banjir bandang dan tanah longsor beberapa tahun lalu, sebab bila tidak ada petani tidak ada makanan, maka tidak ada masa depan,” pungkas Pj Sangadi Bongkudai. (Joe)

Bagikan Berita ini