Kamis , 2 Februari 2023

Wali Kota Tatong Bara Hadiri Rapat Paripurna Penyerahan KUA PPAS Tahun 2023

Infototabuan, Kotamobagu – Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara, Jumat (18/11/2022) menghadiri rapat paripurna dalam rangka pembicaraan tingkat I, Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara atau KUA PPAS APBD tahun 2023, yang digelar di Ruang Rapat Hotel Sutanraja.

Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara dalam sambutanya menyampaikan, dalam RKPD tahun 2023 telah dilakukan sinkronisasi antara prioritas daerah, prioritas provinsi dan prioritas nasional. “Sehingga itu, sangat diharapkan perencanaan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah, akan mendukung pencapaian sasaran utama dan prioritas pembangunan nasional maupun provinsi sesuai potensi dan kondisi daerah,” ucap Wali Kota Tatong Bara.

Dirinya menambahkan, pada tahun 2023 mendatang, pembangunan di Kotamobagu akan mengambil tema “Memantapkan perkembangan kota jasa dan perdagangan berbasis kebudayaan lokal”.

Berdasarkan tema tersebut, Tatong mengungkap prioritas pembangunan Pemkot Kotamobagu yang antara lain, peningkatan pertumbuhan ekonomi, peningkatan Infrastruktur air minum dan lintas wilayah perkembangan wisata, serta peningkatan daya saing investasi.

Selain itu, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, peningkatan keamanan dan ketertiban masyarakat, reformasi birokrasi, pelestarian lingkungan dan investigasi bencana, keadilan dan kesetaraan Gender, pemantapan ketahanan pangan juga menjadi priioritas ditahun 2023. “Hal ini berdasarkan peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah serta peraturan menteri dalam negeri nomor 4 tahun 2022 tentang pedoman penyusunan anggaran dan belanja daerah,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Tatong juga menyampaikan target dan proyeksi pendapatan daerah baik PAD maupun dana transfer dari pemerintah pusat. “Untuk pendapatan daerah Kotamobagu tahun anggaran 2023 diproyeksikan sebesar Rp 629.820.668 Miliar, dan komponen pendapatan daerah antara lain, pendapatan asli daerah yang dikondisikan sebesar Rp85.773.302.900 Miliar,”

“Sementara untuk pendapatan transfer yang diproyeksikan sebesar Rp 534.066.731. Miliar, pendapatan lain-lain diproyeksikan sebesar Rp20.012.862 Miliar, jumlah belanja daerah tahun anggaran 2023 Rp620.820.768. Miliar,” pungkasnya.

Hadir dalam pariputna tersebut, Pimpinan dan anggota DPRD Kotamobagu, Sekda Kota Kotamobagu, unsur Forkopimda, jajaran pimpinan OPD, Camat, Lurah dan Sangadi se Kotamobagu. (advertorial)

Bagikan Berita ini