Pelantikan PPK di Luar Daerah Tuai Sorotan, Ketua KPU: Kami Cari Tempat yang Layak dan Representatif

 

Info Totabuan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) hari ini mengumunkan hasil seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Rabu (15/05/2024).

Pengumuman dengan Nomor: 291/PP.04.2-Pu/7108/2024, tertanggal 14 Mei 2024 dan ditandatangani oleh Ketua KPU Bolmut.

Dalam pengumuman tersebut, diinformasikan, Pelantikan PPK yang telah lulus seleksi akan dilaksanakan di Kotamobagu pada 16 Mei 2024.
Hal ini kemudian menuai sorotan dari sejumlah pihak, salah satunya datang dari Ketua Komisi Cabang Lembaga Pengawal Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LPKPK) Bolmut, Fadli Alamri.

Fadli menilai, pelantikan yang akan digelar di salah satu hotel mewah di luar Bolmut ini, dinilai tidak efisien dan menghabiskan anggaran daerah yang seharusnya bisa digunakan untuk keperluan lain yang lebih mendesak.

“Saya lihat pengumuman, Pelantikan PPK akan dilaksanakan di Kotamobagu, saya kaget, terlebih di tengah situasi ekonomi daerah yang sulit ini, seharusnya KPU lebih bijak dalam menggunakan anggaran, pelantikan di tempat yang jauh hanya menambah beban biaya perjalanan dan akomodasi,” ujar Fadly Alamri.

Pihaknya menyarankan, pelaksanaan, pelantikan bisa dilaksanakan di tempat sederhana atau pada gedung-gedung pemerintah yang ada di Bolmut.

“Di Kabupaten Bolmut ini ada Gedung Wanita dan beberapa hotel yang juga memenuhi standar untuk pelaksanaan pelantikan, mengapa harus menghabiskan dana daerah untuk menginap di hotel di luar Bolmut? atau jangan-jangan ada keuntungan pribadi yang didapatakan pihak KPU dari kegiatan ini, kami minta pihak kejaksaan untuk melakukan operasi intelejen,” tegasnya.

Dirinya berharap, ke depan, setiap kegiatan yang melibatkan anggaran daerah dapat dilakukan dengan lebih bijak dan efisien

Terkait hal ini, dimintai tanggapan Ketua KPU Bolmut, Zamaludin Djuka menyampaikan, hal ini sudah sesuai perencanaan.

“Soal pelantikan PPK yang akan digelar di luar daerah, kami mencari tempat yang representatif dan layak, karena peserta akan menginap, usai dilantik akan dilanjutkan dengan Bimtek, ini sudah sesuai perencanaan dan bisa kami pertanggungjawabkan”, terang ketua KPU.

Diketahui, penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tahun 2024, KPU Bolmut mendapat Hibah Daerah sebesar 21,5 Miliar Rupiah dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bolmut.

(Ridwan)

Bagikan Berita ini