Bolmut

RD: Tidak Ada Penghargaan Pemerintah Kecamatan Pada Kebudayaan Bintauna

RD/Rinaldi Datunsolang

INFOTOTABUAN.COM, BOLMUT – Rinaldi Datunsolang, M.Pd akademisi dan Dosen Pengajar IAIN Sultan Amai Gorontalo Mengatakan Tidak Ada Penghargaan Pemerintah kecamatan bintauna terhadap kebudayaan Bintauna.

Hal ini di ungkapkan nya pada acara ngabuburit Diskusi Kebudayaan serta pameran literasi yang di gelar oleh Pusat studi sejarah kebudayaan Bintauna- Inomasa Studi Club’ (  PUSSAKABin-ISC) Bersama Dengan Taman baca masyarakat (TBM) teras inomasa yg di gelar kemarin jumat  di kelurahan bintauna (23/4/2021)

Selain  ketidak hadiran dalam acara tersebut Rinaldi Juga Mengkritik keras Pemerintah kecamatan dalam mengambil peran atau pun mendukung dalam memajukan Budaya Bintauna

“sangat disayangkan. Dalam kegiatan yang sebagus ini tetapi pak Camat saja sebagai khalifah kecamatan yang diundang malah tidak hadir. Ini membuktikan bahwa tidak ada sama sekali penghargaan Pemerintah kecamatan Bintauna terhadap kebudayaan Bintauna” ungkap Dosen IAIN Sultan Amai Gorontalo ini.

“Perhatian elemen Pemerintah sangat penting, karena dituntut oleh Undang-Undang Dasar Pasal 32 Ayat 1. Bahwa pemerintah bertanggung jawab memajukan kebudayaan, artinya bahwa baik Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Kecamatan turut terlibat aktif dalam hal memajukan kebudayaan” sambung Rinaldi.

Menurutnya, tidak adanya perhatian pemerintah ini telah berulang kali terjadi. Dirinya juga menyoroti sejumlah kegiatan yang telah dilakukan oleh pegiat kebudayaan sperti PUSSAKABin-ISC yang didalamnya tidak ada keterlibatan pemerintah.

baca juga :Memprihatinkan, Situs Makam Raja-Raja Bintauna Tidak Terurus

baca juga : Selain Diskusi Budaya PUSAKABin-ISC Dan TBM Teras Inomasa Juga Launching Terasinomasa.online

“harusnya pemeritah kecamatan punnya andil yang besar dalam memajukan budaya  baik dalam perawatan situs situs budaya, bahkan makam raja bintauna dengan kondisi seperti saat ini apa masi bisa dikatakan situs budaya?! “ ungkap rinaldi (adink@@)

Bagikan Berita ini
To Top