Jelang Pilkada Serentak, Bawaslu Bolmong Gelar Rakor Sentra Gakkumdu

INFOTOTABUAN.COM, BOLTIM- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara (sulut) Menggelar rapat koordinasi sentra gakkumdu sejak jum’at, tanggal 21-22 juni Tahun 2024, bertempat di Eftrre Homestay Kotamobagu. Kegiatan tersebut di hadiri oleh Kapolres Bolmong AKBP, Arianto Salkery, SH.,MH., dan Prima Poluakan SH.,Kasi Pidum kejaksaan negeri Kotamobagu.

Dalam sambutanya anggota Bawaslu Bolmong Neila Montolalu, Amd.S., selaku Koordinator Divisi (Kordiv) P3S mengatakan, bahwa kegiatan rakor ini dilaksanakan dala rangka persiapan penanganan pelanggaran pada tahapan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024. Menurutnya, ketiga lembaga yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu ini, yakni Bawaslu, Polisi dan Jaksa harus bisa bersinergi dengan baik saat pilkada nanti agar fungsinya pun tidak tumpang tindih.

“Adanya Kegiatan ini, sebagai bentuk koordinasi terkait dengan penyeragaman pemahaman mengenai Regulasi tentang tindak pidana dalam Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 yang tinggal beberapa bulan kedepan akan di gelar, serta mewujudkan efektifitas penanganan pelanggaran Pemilihan didalam setiap tahapan,” ungkap Ibu Neila pada Jum’at (21/06) di sela kesibukannya.

Ia pun melanjutkan, bahwa Gakkumdu diatur dalam perbawaslu nomor 3 dalam menjalankan aturan tersebut, jika nantinya bawaslu bolmong menemukan atau mendapatkan laporan, maka kejaksaan negeri dan kepolisian harus mendampingi bawaslu selama proses tersebut.

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Helatan Pemilihan Kepala Daerah selalu identik dengan tensi yang begitu panas dan tinggi, sehingga kita bersama berharap Gakkumdu Bolmong akan sangat hati-hati dalam melakukan penanganan pelanggaran, mulai dari penerimaan laporan atau temuan, pembahasan kajian hingga putusan akhir, kita ingin Pemilihan Kepala Daerah ini nanti dapat berjalan kondusif, aman, dan damai,” Ungkap ibu Neila. (*/yan)

 

Bagikan Berita ini