Kamis , 2 Februari 2023

Kominfo Tegaskan Kewajiban Bayar Retribusi Tower di Bolmut

Kadis Kominfo Bolmut Aang Wardiman
Kadis Kominfo Bolmut Aang Wardiman
Kadis Kominfo Bolmut Aang Wardiman
Kadis Kominfo Bolmut Aang Wardiman

Infototabuan.com, Bolmut  – Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kabupaten Bolaang Mongondow Utara menegaskan kewajiban bayar retribusi bagi perusahaan telekomunikasi dalam hal ini menara telekomunikasi.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kominfo Bolmut Aang Wardiman, Ak.CA, Dinas Kominfo akan benar-benar melaksanakan tugas dan fungsi sebagai dinas yang melakukan monitoring, pengawasan serta pengendalian manara telekomunikasi di wilayah Kabupaten Bolmut. Press Release Kominfo Bolmut, Kamis (08/12/2022).

Aang memaparkan, dalam hal memajukan infrastruktur telekomunikasi (tower) termasuk di dalamnya adalah  mengawasi apakah pihak Perusahan yang bergerak di bidang infrastruktur telekomunikasi seluler sudah melakukan kewajibannya untuk membayar baik pajak, PBB dan ristribusi ke Daerah.

“Apabila akhir tahun ini semua provider atau perusahaan telekomunikasi selurer belum  memenuhi kewajibanya sebagai pembayar pajak serta ristribusi ke Daerah, maka tak segan – segan Kominfo Bolmut akan melakukan kewenangannya dengan mengandeng Baliai Monitoring Frekuensi untuk menutup dan menghentikan pengoperasian jaringan seluler terhadap tower-tower yang tidak melakukan kewajibannya terhadap Negara, walaupun badan usaha itu berbentuk Perseroan atau berplat Pemerintah karena dikelola pihak swasta,” Tegas Aang.

Pihak Kominfo juga menyampaikan daftar nama perusahaan telekomunikasi seluler yang beroperasi di wilayah Kabupaten Bolmut yakni Telkomsel, TBS (tower Bersama), Centratama (ex Indosat), Axiata, Tower PT. DMT.

Kominfo Bolmut Ketika mengomfirmasi ke BPKD melalui bidang pendapatan, disampaikan bahwa BPKD melalui bidang pendapatan sudah menyurati ke pihak perusahaan untuk segera memenuhi kewajiabannya kepada Negara.

Berdasarkan data itu, sebagai Dinas yang bertugas dalam hal pengendalian dan pengawasan menara telekomunikasi di Pemda maka Dinas Kominfo menurunkan press release ini, sehingga pihak perusahaan dapat memenuhi kewajibannya terhadap Negara apakah berbentuk pajak PBB atau pemberian ristribusi kepada  Daerah.

Berikut daftar perusahaan yang bergerak dibidang infrastruktur telekomunikasi yang beroprasi di wilayah Kabupaten Bolmut sesuai data yang disampaikan BPKD melalui bidang pendapatan dari 6 perusahaan termasuk perusahaan tower bersama ( BTS) baru 2 perusahaan telekomunikasi yang telah memenuhi kewajibannya terhadap negara dan daerah yaitu Protelido dan DMT.

“Sementara pihak perusahaan Telkomsel, TBS (tower Bersama), Centratama (ex indosat), Axiata. sampai press release ini disampaikan kominfo ke hadapan publik belum memenuhi kewajibannya terhadap Negara, maka kami sampaikan kiranya pihak perusahaan segera memenuhi kewajibannya terhadap Negara,” Ungkap mantan  Auditor BPK RI itu.

Sumber : Kominfosandi Bolmut

(Ridwan, UKW 15026)

 

 

Bagikan Berita ini