Kamis , 2 Februari 2023

Gubernur Sulut Resmi Buka Porprov Ke- XI Tahun 2022

Infototabuan, Bolmong – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Senin (14/11) malam tadi secara resmi membuka Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Utara (Sulut) ke XI Tahun 2022,

Opening Ceremony Porprov ke-XI Sulut tahun 2022 yang berlangsung di lapangan upacara Kantor Bupati Bolmong tersebut turut dihadiri oleh ribuan atlet dari berbagai Cabang olahraga (Cabor), perwakilan dari 15 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sulut.

Pembukaan berlangsung meriah dan spektakuler serta diwarnai beberapa gabungan tarian adat Bolaang Mongondow atau tari (Motomu), serta parade marching band salah satu SMA Kota Tomohon dan Defile kontingen dari 15 daerah se-Sulut.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Porprov Sulut 2022 ini untuk mendulang atlet terbaik daerah untuk pelaksanaan PON kedepan.

“Target kita dalam PON kedepan adalah medali emas, untuk itu Porprov Sulut 2022 ini adalah batu loncatan untuk mencari atlet-atlet berbakat di daerah-daerah dan bisa memperbanyak pundi-pundi emas Sulut di PON,” ujarnya.

Sementara itu ketua Koni Provinsi Sulut, Steven Kandouw mengatakan, tugas dan tanggung jawab kita memperbaiki perolehan medali di Pon berikutnya.

Steven juga mengapresiasi Pemkab Bolmong sebagai tuan rumah karena penyambutan Porprov Sulut 2022 sangat meriah.

“Terima kasih kepada kepala daerah karena telah menunjukan semangatnya untuk turut mensukseskan ajang ini, ini merupakan terbesar dari gelaran Porprov sebelumnya. Semoga Porprov ke-XI Sulut tahun 2022, bisa menghasilkan atlet-atlet terbaik,” ucapnya.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven O. E Kandouw, kepala- kepala daerah, jajaran pengurus Koni serta kontingen 15 daerah dengan bahasa adat “Nion don dega”.

“Terima kasih telah mempercayakan ajang Porprov Sulut di Kabupaten Bolmong,” kata Limi Mokodompit.

Dia menjelaskan, tujuan diselenggarakannya ajang olahraga akbar di Kabupaten Bolmong ini tak lain merupakan ajang untuk seleksi maupun penjaringan atlet potensial.

“Ini merupakan ajang penjaringan atlet potensial se-Provinsi Sulut agar dapat berprestasi dan menjadi atlet profesional pada ajang yang lebih tinggi lagi,” kata Limi dalam membacakan laporannya.

Pembukaan kegiatan bergengsi itu, dilanjutkan dengan penyalaan obor api Porprov Kalsel sebagai tanda mulai dihelatnya ajang olahraga akbar Provinsi Sulut, dan lebih di meriahkan dengan perayaan kembang api di penghujung acaranya.

Perlu diketahui, pada helatan Porprov Sulut 2022 kali ini, sebanyak 32 Cabang Olahraga dipertandingkan, dan para atlet dari 15 Kabupaten dan Kota bakal memperebutkan 356 keping emas, kemudian, Perak 356 keping dan perunggu 900 keping.

(Advertorial)

Bagikan Berita ini