Bolmut

Kader ISC Ini akan Mempresentasikan Bintauna di International Forum On Spice Route

Ersad mamonto

INFOTOTABUAN.COM. BOLMUT – Kader ISC Ini akan Mempresentasikan Bintauna di International Forum On Spice Route (IFSR).

Ersad Mamonto adalah  Kader Inomasa Study Club (ISC) ini akan memperkenalkan Bintauna dalam forum internasional.

sebelumnya Ersad  mengirimkan  abstrak penelitiannya yang berjudul “Colonialism On Spice Route: Religion and Political Power in the Kingdom of Bintauna”dalam acara tersebut.

Acara International Forum On Spice Route (IFSR) mengusung tema “Revitalizing the Spice Route: Answering Global Challanges” yang dilaksanakan Daring dan Luring  di jakarta (20/9 -23/9).

Ersad akan mempresentasikan penelitiannya tentang Bintauna yang berjudul “Colonialism On Spice Route: Religion and Political Power in the Kingdom of Bintauna”. Presentasinya tersebut akan berbentuk poster secara daring dan nanti hasil utuh tulisannya bisa dibaca dalam bentuk kumpulan tulisan (Prosiding).

Ersad mempunyai tujuan mengembangkan kajian tentang bintauna yang menurutnya diam di tempat dan kebanyakan mengikuti narasi yang sudah ada.

“Tujuan saya menulis Bintauna adalah mengembangkan kajian di kawasan Utara, Sulawesi Utara. Apalagi khususnya Bintauna, kajiannya bisa dibilang diam di tempat. Terakhir historiografinya R.C Mokodenseho (2003) “Sejarah Bintauna”, setelah itu, rata-rata mengikut narasi besar di buku tersebut. Untuk itulah perlu sekali mengembangkan kajian sejarah Bintauna” ungkap ersad.

Ersad menambahkan bahwa ISC adalah yang paling berpengaruh dalam pengembangan kajian tentang Bintauna.

“Satu kelompok yang berpengaruh untuk mengembangkan kajian ini adalah Inomasa Study Club (ISC). Karena saya lahir dari sana, saya merasakam betul bagaimana Bintauna tumbuh dengan beragam varian diskursus di organisasi tersebut” ungkap mahasiswa pasca sarjana UNUSIA ini.

Bagikan Berita ini
To Top