Bolaang Mongondow Raya

Tahun Ini Dinsos Kotamobagu Lakukan Pemutakhiran DTKS 5.000 KPM

Infototabuan, Kotamobagu — Dinas Sosial (Dinsos) Kotamobagu hanya dapat melakukan pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) bagi 5.000 keluarga penerima manfaat (KPM) pada tahun ini.

Hal ini dikatakan Kepala Dinsos Kotamobagu melalui Kepala Seksi Identifikasi dan Penguatan Kapasitas, Sandi Faryanto.

Menurut Sandi, berkurangnya DTKS KPM tahun ini dikarenakan adanya pergeseran anggaran untuk penanggulangan pandemi Covid-19. Dimana dari DTKS sebelumnya, total KPM berjumlah 9.106 KPM.

“Sisanya 4.106 KPM tidak dapat dimuktahirkan, sebab anggarannya hanya Rp81.425.000 tahun ini, itu sudah termasuk verifikasi dan validasi. Dengan begitu kami tidak bisa membayar petugas lapangan untuk memutakhirkan 4.106 KPM yang tersisa. Adapun sumber anggarannya melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD),” terangnya.

Dikatakan, saat ini 12 kelurahan/desa yang sudah memasukkan hasil pemutakhiran DTKS, dan masih ada 11 kelurahan/desa yang belum. Nantinya hasil tersebut akan diinput melalui aplikasi.

“Data ini yang akan menjadi rujukan penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) dan bantuan sosial tunai (BST) yang berasal dari DTKS maupun penerima bantuan non-DTKS yang tidak valid. Akan tetapi tidak semua yang diusulkan akan menjadi penerima bantuan. Nantinya pusat akan melakukan verifikasi, selanjutnya baru akan ada daftar penerima bantuan yang telah diverifikasi, dan kami hanya sebatas mengusulkan,” jelasnya.

Bagikan Berita ini
To Top